Senin, 23 Januari 2012

Manfaat kecap bagi kesehatan


Mungkin selama ini kita hanya mengetahui bahwa kecap hanya merupakan salah satu penyedap makanan.Sebenarnya kecap juga mengandung manfaat bagi tubuh manusia.

Bahan utama pembuatan kecap adalah kedelai hitam.Kedelai hitam adalah jenis biji-bijian yang berasal dari tanaman liar di cina utara atau dikenal dengan nama latin Glycine max merrit dan masuk indonesia sekitar pada 664 SM.

1.kulit kedelai hitam merupakan antioksidan karena mengandung senyawa yang melindungi tubuh dari penyakit degenerative dan penuan dini

2.Penurun kadar kolesterol bagi tubuh karena kandungan isoflavon dan antosianin yang dapat memperbaiki profil lipid untuk memgurangi tekanan darah dalam tubuh.

3.Mencegah penyakit jantung koroner dimana mampu menghambat oksidasi kolesterol yang merupakan wal terbentuknya plak pembuluh darah yang dapat memicu tekanan darah tinggi dan jantung koroner.

4.Kedelai hitam juga kaya akan vitamin A,B,C,K,protein,karbohidrat,lemak,dan juga beberapa macam mineral seperti kalsium,magnesium,fosfor,kalium,zat besi dan juga zink.

5.pelancar pencernaan karena serat dalam kacang kedelai dalam mengeluarkan zat-zat racun dalam usus dan juga sebagai bahan alami penjegah diare.

6.Meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan peptide pada kedelai hitam dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh untuk melawan berbagai macam penyakit.

7.Mengurangi kerusakan ginjal karena protein kedelai hitam mudah diterima oleh ginjal sehingga mampu meringankan kinerja ginjal.

Selain itu kecap juga dapat melawan penyakit seks dan monopause kerena dapat mengikat reseptor estrogen yang dapat membantu pelumasan didaerah vagina yang secara khusus membantu wanita yang memiliki estrogen rendah.



1 komentar: